Kepala SMKN 1 Kempo (SMKNESAKE), Kabupaten Dompu Slamet Sisubali, MM.Pd. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Slamet Sisubali, MM.Pd, baru sekitar setahun menjabat kepala SMKN 1 Kempo (SMKNESAKE), Kabupaten Dompu. Meski relatif baru, karena memimpin sekolah itu mulai 2020 lalu, Slamet mampu mengantarkan peserta didiknya “berbicara” hingga di tingkat nasional.

Pada Lomba Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) Nasional 2020 misalnya. Siswa-siswa SMKNESAKE mendapat Predikat Baik. Pada tahun yang sama, anak didik sekolah ini meraih Juara II Lomba Karya Ilmiah yang diadakan STIPark Provinsi NTB, yakni pada kategori Zerro Waste.

Menurut Slamet, predikat baik para siswa SMKNESAKE yang saat itu mewakili NTB diraih di empat kategori lomba. Yakni Aquascape, Pemijahan Lele, Pemijahan Neon Tetra dan Budidaya Tubifex.

“Semuanya merupakan bidang Kompetensi Agribisnis Perikanan Air Tawar,” jelas Slamet pada Lakeynews.com, Rabu (24/3).

Berikut para siswa/peserta dari SMKNESAKE yang mengikuti lomba di empat kategori mulai 15 September hingga 15 Desember 2020 itu;

Bidang Aquascape: Jian Ainun, Imas Angriani, Melati Aminofa dan Ardiansyah.

Siswa Bidang Pembenihan Lele: Asmahwati, Sunarti, Septi Wulandari dan Sahruramadan.

Bidang Pemijahan Neon Tetra: Ade Marela, Titi Julfik, Farah fariani dan Saikal saputra.

Siswa Bidang Tubifex: Nabila wulaningsih, Irmawati, Ayu sulastri dan Yudan Saaban.

Lomba KKSI, papar Slamet Sisubali, merupakan event nasional yang rutin diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dan Direktorat Jenderal Vokasi.

Tujuannya, meningkatkan dan memeratakan mutu, serta mengimplementasikan revolusi industri 4.0 pada pembelajaran di SMK. “Ini berupa kegiatan berbasis daring atau video conference yang ditujukan untuk para siswa SMK,” urainya.

Dua siswi SMKN 1 Kempo, Asmahwati dan Wulan Apriliati didampingi guru pembimbing Jum Apriadi, S.Kel, berhasil meraih Juara II Lomba Karya Ilmiah Remaja Tingkat SMA/SMK Se-NTB Kategori Zero Waste, 30 November 2020. (ist/lakeynews.com)

Sedangkan terkait Lomba Karya Ilmiah STIPark NTB di Banyumulek, Lombok Barat, dua utusan SMANESAKE berhasil meraih Juara II pada kategori Zerro Waste.

Dua siswa SMANESAKE yang mengikuti lomba mulai 9 Oktober sampai 24 November 2020 itu, Asmahwati dan Wulan Apriliati.

“Judul karya ilmiah siswa kita ‘Pengolahan Limbah Kulit Jagung Menjadi Produk Bernilai Ekonomis’,” jelas Slamet.

Diketahui, SMKN 1 Kempo corenya Kemaritiman. Sebelumnya, kelautan. Di sekolah itu terdapat lima Kompetensi Keahlian (Jurusan). Yakni Nautikal Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT), Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Multimedia. (tim)