Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, SIK, memimpin Upacara PTDH terhadap AY (foto atas), dirangkaikan pembagian hadiah juara Lomba Protokol Covid-19, di lapangan apel Mapolres. (ist/lakeynews.com)

Yang Juara Protokol Covid-19, Kapolres Berikan Hadiah

PEMBERHENTIAN Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau pemecatan sejumlah anggota Polres Dompu karena tidak disiplin selama ini, rupanya belum dijadikan pelajaran oleh segelintir anggota lainnya.

Kendati konsekuensinya jelas dan sangat berat, tindakan indisipliner masih saja nekat mereka lakukan. Tidak kapok-kapok dan tidak jera.

Buktinya, ada satu orang lagi personel Polres setempat yang dipecat. Dia berinisial AY (38).

Sabtu (24/10) pagi tadi, Kapolres AKBP Syarif Hidayat, SH, SIK, memimpin Upacara PTDH terhadap AY di lapangan apel Mapolres. Sayangnya, AY tidak hadir dalam upacara itu (in absensia).

AY terbukti melanggar pasal 13 Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Disiplin Anggota Polri.

“Selama menjadi anggota Polri, AY sudah menjalani lebih dari tiga kali sidang disiplin. Tepatnya, sudah kali,” kata Kapolres Syarif dikutip Paur Subbag Humas Polres Aiptu Hujaifah.

Dalam amanatnya, Kapolres sangat menyayangkan terjadinya PTDH seperti ini. “Ini adalah momen yang tidak diharapkan,” ujarnya.

“Semoga ini bermakna bagi kita. Kita petik sebagai pelajaran yang berharga demi kelangsungan roda organisasi Polres Dompu yang kita cintai,” harapnya menambahkan.

Menurut dia, upacara penanggalan atribut Polri seperti itu merupakan hal biasa di lingkungan Polri. Terutama sehubungan dengan masih banyaknya oknum Polri yang indisipliner, bahkan melakukan tindak pidana.

Kapolres juga berharap PTDH ini adalah yang terakhir. Kedepan, tidak ada lagi tindakan yang menodai institusi.

“Jangan berbuat senonoh yang menyakiti hati masyarakat, yang dapat menurunkan harkat dan martabat Polri,” tegasnya mengingatkan.

Kepada anggota yang masih berprilaku baik, Kapolres ucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitasnya pada kepolisian. “Cintai Uniform yang melekat pada Anda. Cintai profesi Anda. Anda harus memiliki kebangggaan menjadi anggota Polri,” imbuhnya.

Upacara PTDH yang diikuti para PJU dan personel Polres itu dirangkaikan dengan pengumuman serta pemberian hadiah dan bendera Lomba Standar Protokol Kesehatan Covid-19 di jajaran Polres Dompu.

Polsek Pekat mempertahankan predikatnya sebagai Juara pertama, kemudian di posisi kedua Polsek Dompu dan Polsek Pajo di tempat ketiga.

“Di masa Pandemi ini kita berperan penting dalam meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Lomba seperti ini, salah satu upaya nyata kepolisian,” ujar Kapolres. (tim)