Empat dari sekian terduga pencuri SPM dan ternak yang selama ini meresahkan warga Kecamatan Pekat, berhasil ditangkap polisi. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Selama ini, warga Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, kerap resah oleh pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan pencurian ternak (Curnak).

Namun, dalam dua hari berturut-turut, Jumat-Sabtu (7-8/8), empat terduga pelaku yang semuanya warga Kecamatan Pekat berhasil digulung polisi.

Keempat terduga yang rata-rata petani itu, MSL (20), warga Dusun Soridei, Desa Karombo; SHL (35), warga Dusun Karya Sari, Desa Soritatanga; SA (35), warga Dusun Latonda II, Desa Calabai; dan, JM (30), warga Dusun Gunung Batu, Desa Pekat.

Sebelum menangkap keempat orang itu, Timsus Polsek di bawah pimpinan Kapolsek IPDA Muh. Sofyan Hidayat, S.Sos dan Kanit IK BRIPKA Mustawa melakukan penyelidikan.

“Penyelidikan dilakukan karena akhir-akhir ini di wilayah Kecamatan Pekat sering terjadi pencurian kendaraan bermotor dan pencurian ternak, terutama sapi warga,” kata Paur Humas Polres Dompu AIPTU Hujaifah.

Kasus kehilangan ternak maupun sepeda motor (SPM), juga sering dikeluhkan warga. Beberapa diantaranya dilaporkan dan diadukan ke polisi.

Salah satunya, berdasarkan Laporan Polisi dengan Nomor: LP/46/VI/2020/NTB/Res. Dompu/Sek. Pekat, tanggal 11 Juni 2020. “TKP-nya di Dusun Bukit Mente, Desa Kadindi Barat,” jelas Hujaifah.

Selain menangkap empat pelaku, Polsek Pekat berhasil mengamankan sejumlah barang bukti.

Di rumah terduga SHL, diamankan satu SPM Honda Merk Supra GTR, satu SPM Yamaha Jupiter Z, satu SPM Honda Vario.

“Sementara di rumah keluarganya MSL, diamankan satu SPM Yamaha Jupiter MX,” papar Hujaifah.

Hujaifah lalu membeberkan keterlibatan keempat terduga pelaku tersebut.

Terduga MSL
Dua kali terlibat pencurian SPM. Pertama, di Dusun Tanjung Pasir, Desa Pekat yaitu satu Yamaha Jupiter MX dan satu Honda Vario bersama terduga SHL. Kedua, di Dusun Sori kalate Desa Kadindi Barat, satu Honda Blade bersama terduga SHL dan SA.
Tiga kali terlibat pencurian ternak sapi. Pertama, di Dusun Jurang Karang Desa Karombo (3 ekor sapi) bersama terduga SA dan MS. Kedua, di Dusun Soridei, Desa Karombo (2 ekor) bersama SA dan SHL. Ketiga, di Dusun Kaliaga II, Desa Kadindi Barat (2 ekor) bersama SA, SHL dan MS.

Terduga SHL
Tiga kali terlibat pencurian SPM. Pertama, di Dusun Tanjung Pasir, Desa Pekat (1 Honda Vario dan 1 Jupiter MX) bersama MSL. Kedua, di Dusun Sori Kalate, Desa Kadindi Barat (1 Honda Blade) bersama MSLdan SA. Ketiga, di Dusun Bukit Mente, Desa Kadindi Barat (1 Honda Supra GTR) bersama MS dan RS.
Satu kali pencurian ternak sapi. Yakni di Dusun Soridei, Desa Karombo (2 ekor) bersama SA dan MSL.

Terduga SA
Satu kali terlibat pencurian sepeda motor. Yakni di Dusun Sori Kalate, Desa Kadindi Barat (1 Honda Blade) bersama SHL dan MS.
Dua kali terlibat pencurian ternak. Pertama, di Jurang Karang, Desa Karombo (3 ekor) bersama MSL dan MS. Kedua, di Dusun Soridei, Desa Karombo (2 ekor) bersama MSL dan SHL

Terduga JM
Dia merupakan residivis pencurian ternak. JM kembali melakukan pencurian ternak di Dusun Kaliaga II, Desa Kadindi Barat (2 ekor) sapi bersama SHL, SA dan MSL.

Menurut Hujaifah, saat ini, keempat terduga dan barang bukti telah diamankan di Mapolsek Pekat. “Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan dan pengembangan oleh Unit Reskrim Polsek Pekat,” tandasnya. (zar)