Kepala SMKN 1 Kilo Drs. A. Landa atau akrab disapa Guru Lendo. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMKN 1 Kilo Tahun Pelajaran (TP) 2020/2021, berjalan lancar.

Meski tengah dilanda pandemi Covid-19, jumlah siswa baru yang mendaftar di sekolah yang dikepalai Drs. A. Landa itu meningkat dari tahun sebelumnya.

Tahun lalu, menurut Landa, siswa baru di sekolahnya hanya 60 orang. Sedangkan tahun ini, jumlahnya sudah 74 orang. Empat orang diantaranya dari Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima.

Kemungkinan jumlahnya akan bertambah, karena pendaftaran masih berlangsung. “Sekarang masih dibuka pendaftaran secara offline,” kata pria yang akrab disapa Guru Lendo itu pada Lakeynews.com, Sabtu (4/7) siang.

Untuk mendapatkan 70 siswa dari Kecamatan Kilo (ditambah empat siswa dari Soromandi), pihaknya harus berjuang keras.

SMKN 1 Kilo harus bersaing dengan empat sekolah lain; SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3 dan Pondok Pesantren An-Nur. Itu untuk merebutkan 125 siswa jebolan empat SMP dan satu MTs.

“Tamatan SMPN sebanyak 95 orang, SMP PGRI Pali 15 orang, SMP PGRI Kiwu lima orang dan MTs Al-Huda 10 orang,” jelas pria hitam manis berkumis tebal itu.

Diketahui, di SMKN 1 Kilo terdapat lima jurusan lama dan satu jurusan baru.

Jurusan lama; Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Agribisnis Ternak Ruminansia, Teknik Bisnis Sepeda Motor, Teknikal Kapal Penangkapan Ikan dan Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan. “Sedangkan jurusan baru adalah Agribisnis Air Tawar,” jelas Guru Lendo.

“Tahun ini, jurusan yang lebih banyak menerima pendaftaran siswa baru adalah TKJ,” ungkap Guru Lendo.

Rencananya, sekolah akan aktif mulai 13 Juli ini. “Tapi, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masih menunggu surat edaran dari kepala Dinas Dikbud NTB,” tuturnya. (yat/zar)