Kabag Kesra Setda Dompu H. Zulkifli Lubis, S.Sos (kanan) dan Plt. Kadis Kesehatan Dompu Gatot Gunawan Putra. (zar/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Jumlah hewan qurban di Kabupaten Dompu tahun ini hampir dua kali lipat dari tahun lalu. Jika tahun lalu hanya 80-an ekor, tahun ini menjadi 136 ekor.

“Itu baru yang tercatat dan masuk di PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kabupaten Dompu. Belum termasuk yang langsung ke kecamatan, desa, atau kampung-kampung. Jumlahnya pasti sangat banyak,” kata Kabag Kesra Setda Dompu H. Zulkifli Lubis, S.Sos, pada Lakeynews.com di Pendopo Bupati.

Menurut Zulkifli yang diperkuat pengurus PHBI Kabupaten Dompu H. M. Amin, SH, dari 136 ekor hewan qurban tersebut, 76 ekor diantaranya sapi, 58 ekor kambing dan 2 ekor kerbau.

“Di dalamnya termasuk 30 ekor hewan kurban jenis sapi dari negara Jerman dan Turki, serta enam ekor sapi dari warga Dompu perantauan,” jelasnya Zulkifli yang saat itu satu meja dengan Plt. Kadis Kesehatan Dompu Gatot Gunawan Putra.

“Selebihnya dari dinas/instansi, parpol, organisasi majelis taklim, perorangan dan lainnya,” sambung Zulkifli sembari berharap tahun depan bertambah lagi jumlah orang yang berkorban maupun hewan qurban.

Ditanya faktor penunjang meningkatnya jumlah hewan qurban tahun ini, Zulkifli memperkirakan karena pendapatan dan penghasilan pengorban bertambah. “Karena penghasilannya bertambah, mereka punya kelebihan. Dan, kelebihan itulah mungkin yang dipakai untuk berkorban,” paparnya. (zar)